7 Kegunaan Serai Wangi dalam Kehidupan Sehari-hari

7 Kegunaan Serai Wangi dalam Kehidupan Sehari-hari

golekpawarto.com, TRENGGALEK – Tanaman serai wangi atau dikenal dengan cere sabun, sereh merah  merupakan tanaman yang berkembang di Riau, Jabar, Jateng, Jatim Kalbar dan Sulsel. produksi minyak sereh wangi Jabar & Jateng mencapai 95 % dari total produksi Indonesia.  Daerah sentra produksi di Jawa Barat adalah  Pandeglang, Bandung, Sumedang, Ciamis, Cianjur, Lebak, Garut dan Tasikmalaya. Untuk wilayah di Jawa Tengah adalah Cilacap dan Pemalang. Sedangkan di Jawa Timur di Trenggalek.

Serai atau sereh, umumnya dikenal sebagai tumbuhan biasa yang akar dan batangnya sering dipakai sebagai rempah penyedap masakan.  Padahal, minyak asiri dalam tanaman ini banyak dipakai dalam industri kosmetik untuk pembuatan parfum dan sabun.

Ada 2 jenis sereh wangi di Indonesia  jenis mahapengiri dan jenis lenabatu. Maha pengiri dapat dikenal dari bentuk daunnya lebih pendek dan lebih luas daripada daun lenabatu. Dengan destilasi jenis ini memberikan hasil minyak yang lebih tinggi dari pada lenabatu, juga kwalitasnya lebih baik, artinya kandungan geraniol dan sitronellelal lebih tinggi dari pada lenabatu. Demikian pula, mahapengiri memerlukan tanah yang lebih subur, hujan yang lebih banyak, pemeliharaan yang lebih baik dari pada lenabatu.

Tanaman serai dipergunakan dalam berbagai kebutuhan. Bagian dari tanaman ini yang bisa dipakai untuk herbal meliputi akar, batang, dan daunnya.  Nah berikut beberapa khasiat serai yang belum banyak diketahui oleh masyarakat;

  1. Mencegah kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Pada tahun 2006, sebuah tim peneliti dari University Gurion di Israel menemukan senyawa dalam tubuh serai yang bisa mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat

  1. Obat gangguan pencernaan
Baca Juga :  9 Trik Agar Mata Minus Kamu Gak Semakin Parah

Teh/minuman yang mengandung serai membantu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kram usus dan diare. Serai juga membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.

  1. Detoksifikasi

Serai juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah disingkirkan.

  1. Relaksasi sistem saraf

Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.

  1. Menurunkan tekanan darah

Serai sangat efektif dalam mengurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi

  1. Membuat Kulit indah

Serai merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaatnya antara lain mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai penyegar. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan. – Kesehatan wanita Konsumsi teh yang diberi serai mungkin akan membantu mengurangi nyeri haid dan rasa mual. Serai Wangi “Serai Merah” (Berwarna Putih Kemerah merahan).  Sereh ini bisa dijadikan minyak urut.

  1. Sebagai bahan pengusir nyamuk

Minyak serai wangi ditakuti nyamuk karena baunya yang khas, minyak serai wangi biasa digunakan pada bayi , selain sebagai pengusir nyamuk bisa juga sebagai penghangat tubuh.

Demikian sekilas kegunaan serai wangi semoga bermanfaat, dan nantikan paparan berikutnya tentang proses penyulingan dan budidaya serai.

COMMENTS