Desa Wisata Bangkit dari Lereng Wilis, Bag 1

Golekpawarto.com, TRENGGALEK, Gunung wilis merupakan salah satu gunung berapi yang sudah lama tidak menunjukkan aktifitasnya, namun demikian disekitar gunung wilis masih terdapat sumber air panas yang mengandung belerang sebagaimana gunung berapi yang lagi istirahat atau pasif.

Gunung wilis kondisi hutannya masih cukup lebat, gunung ini juga menjadi pembatas dari 5 kabupaten yaitu Kabupaten Trenggalek disebelah timur, Ponorogo disebelah barat, Nganjuk disebelah utara, Tulungagung disebelah timur dan Madiun di sebelah barat. Disebelah Timur Lereng Gunung Wilis, oleh pemerintah kabupaten Trenggalek direncanakan akan dibangun sebuah jalan lingkar sebagai sarana penghubung antar desa di wilayah tersebut, program ini dikenal dengan jalan lingkar wilis.

Lingkar wilis selain menjadi sarana penghubung antar wilayah, karena memiliki potensi keindahan alam yang masih perawan sehingga lingkar wilis juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup indah dengan menyuguhkan pemandangan alam yang masih sejuk serta suasana yang cukup asri.

Wilayah Kabupaten Trenggalek yang terletak di Lereng Gunung Wilis yakni Kecamatan Bendungan, seluruh desa yang berada di Kecamatan Bendungan seluruhnya berada tepat di kaki Lereng Gunung Wilis sebelah Tenggara, sebagai contoh bahwa ada salah satu desa yang menjadi tujuan wisata desa berupa suasana desa hutan ini adalah Desa Dompyong Kecamatan Bendungan Trenggalek, desa ini merupakan salah satu daerah tujuan  wisata alam yang cukup menarik karena memiliki sumber daya wisata alam yang cukup unik dan menarik.

“Desa Wisata merupakan salah satu potensi wisata baru yang mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat melalui potensi alam yang ada dimasing-masing desa. Dengan mengambil misi dari spirit kearifan lokal,” ucap Andi Yuwono selaku Ketua ASIDEWI Indonesia

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Dompyong dapat menikmati keindahan alam yang ada di lereng Gunung Wilis, selain suasana pedesaan yang memiliki udara segar, di desa ini juga disediakan bagi wisatawan yang ingin beruji nyali bisa mencoba sebuah tantangan seperti flying fox.

Selain menikmati suasana alam yang masih asri dan kental dengan suasana desa hutan yang ditandai dengan udara segar beraroma rumput hutan dan suara kicau burung liar yang menyambut mentari pagi,  wisatawan juga bisa menginap di rumah-rumah penduduk setempat. Naaahh…. ! Paket apa saja yang ditawarkan oleh  Desa Wisata Bangkit dari Lereng Wilis, akan kami posting berikutnya, Selamat berkunjung di desa wisata lereng gunung wilis sebelah tenggara semoga suasana desa hutan menambah semangat anda dalam beraktifitas !!!..

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.