True Love Story Dewi Sekar Taji and Panji Asmoro Bangun in Babad Ki Godeg, Chapter II

True Love Story Dewi Sekar Taji and Panji Asmoro Bangun in Babad Ki Godeg IIStory of Region Kediri State

golekpawarto.com, PACITAN – Lakon Panji adalah cerita cinta sejati (true love story) yang berhubungan dengan tokoh-tokoh sejarah Jawa. Panji Asmoro Bangun dihubungkan dengan Sri Kameswara, raja yang memerintah Kediri sekitar tahun 1180 hingga 1190 masehi. Sri Kameswara memiliki permaisuri bernama Sri Kirana yang merupakan puteri Jenggala.  Sri Kirana dihubungkan dengan tokoh Galuh Candra Kirana yang tak lain adalah Dewi Sekar Taji.True Love Story Dewi Sekar Taji and Panji Asmoro Bangun in Babad Ki Godeg III

Dalam sejarah, Airlangga tidak terlepas dari pendirian Kerajaan Kediri (Panjalu). Pembagian kerajaan Kahuripan menjadi Janggala dan Panjalu merupakan langkah Airlangga untuk menyelesaikan kemelut di Kerajaan Kahuripan. Berdasarkan prasasti Wurare berangka tahun 1211 Saka (1289 M) pada bagian awal disebutkan pendeta utama bernama Arya Bharad telah membagi tanah Jawa menjadi dua dengan air suci dari kendi yang mempunyai kemampuan untuk membelah tanah karena dua orang raja yang telah siap berperang. Dengan pembagian ini munculah kerajaan Janggala dan Panjalu, keberadaan dua kerajaan ini merupakan awal eksistensi Kediri menjadi sebuah kerajaan besar di belakang hari.

True Love Story Dewi Sekar Taji and Panji Asmoro Bangun in Babad Ki Godeg IIIISebuah kisah asmara antara Panji Asmoro Bangun (putera raja Jenggala) dengan Dewi Sekar Taji (puteri raja Panjalu). Pernikahan dua sejoli inilah yang akhirnya menyatukan Kerajaan Jenggala dan Panjalu, yang semula saling bermusuhan sejak pertikaian antara Mapanji Garasakan dengan Sri Samarawijaya.

Baca Juga :  Hutan Durian Terluas Sedunia di Trenggalek

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.