Goa Ijo Srau Pacitan

Goa Ijo Tempat Pucang KalakGolekpawarto.com, PACITAN – Srau pada umumnya dikenal oleh wisatawan sebagai tujuan wisata pantai, Pantai Srau selain memiliki pantai yang indah nan menawan, juga bisa untuk surfing, camping ground dan wisata keluarga. Namun selain panorama pantai, Srau  juga memiliki potensi wisata alam lain yaitu Goa, masyarakat sekitar mengenal Goa ini dengan nama Goa Ijo Srau. Lokasi Goa ini terletak sebelum pintu masuk area wisata pantai Srau kurang lebih 500 meter,  setelah memasuki goa yang memiliki kedalaman sekitar 15 meter dan panjang goa sekitar 40 meter, wisatawan akan melihat perbedaan goa ini dengan goa yang lain karena stalagtit dan stalagmitnya yang berwarna hijau, sehingga masyarakat sekitar menamai Goa Ijo Srau. Warna hijau ini sebenarnya berasal dari tekstur batuan zeolite yang membentuk pada dinding goa itu sendiri sehingga memberikan bias warna hijau pada stalagtit dan stalagmitnya.

Goa Ijo Srau masih diselimuti aroma mistis yang cukup kental, sehingga masyarakat mengenal goa ini masih angker dan belum banyak dikunjungi para wisatawan. Ketika tim Golekpawarto ingin memasuki goa, Bapak Joko Gabug yang tinggal disekitar goa menuturkan agar kalau ingin memasuki goa harus melakukan ritual kenduri (Jawa : bancakan). Setelah melakukan ritual kenduri, dengan ditemani oleh tokoh lokal tersebut tim Golekpawarto pun berhasil memasuki goa ini dengan tidak ada insiden apapun.

Goa yang dulu dikenal angker ini sekarang sudah mulai banyak yang berkunjung tapi masih untuk kalangan terbatas yakni wisatawan pecinta goa saja.

Goa Ijo Srau yang Masih AngkerMitos yang beredar ditengah-tengah masyarakat, bahwa Goa Ijo Srau dahulunya merupakan tempat pertapaan para penganut ahli ilmu hitam. Legenda diantara para pertapa di goa ini diantaranya adalah Kyai Gawor, yang terkenal dengan senjatanya yang bernama Pucang Kalak.

Baca Juga :  Telaga Ngebel, Bagian 1

Khusus bagi wisatawan pecinta goa, kalau belum mengunjungi goa ini rasanya belum lengkap dalam petualangannya karena hanya di Goa Ijo Srau ini yang menyajikan keindahan stalagtit dan stalagmitnya semua nampak berwarna hijau. Dengan postingan ini semoga bisa bermanfaat dan menambah referensi untuk petualang sejati dari ribuan goa-goa yang ada di pacitan..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.