Karangbolong Semenanjung

Karangbolong Semenanjung

karangbolong-beach-panoramic1

golekpawarto.com, PACITAN – Pantai Karangbolong, berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo yang berjarak sekitar 41 km dari pusat kota Pacitan. Dominasi tebing-tebing karang nan menjulang perkasa dengan deburan ombak menakjubkan menjadi fenomena alam yang indah. Pantai ini memiliki gugusan tebing kars yang berlubang tembus di sisi tengahnya merupakan fenomena semenanjung yang menjorok ke laut. Panoramanya sering menjadi objek karya bagi pencinta fotografi.

Perjalanan

Pantai Karangbolong dapat ditempuh menggunakan sepeda motor kurang lebih 2,25 jam. Jika ditempuh menggunakan mobil MPV memakan waktu 2,5 jam. Tetapi untuk mobil tidak bisa sampai pada lokasi karena faktor keamanan berkendara. Jalan masuk menuju lokasi adalah jalan desa, maka sebaiknya pengendara berhati-hati. Jalan berliku dan tikungan tajam pinggiran jurang, tajakan dan turunan karena Karangbolong masih perawan.

Perjalanan menuju Pantai Karangbolong melewati hutan yang hijau dan rindang. Jalan yang jauh dari jauh dari pemukiman penduduk tetapi cukup menyejukkan pengunjung. Jalannya cukup menantang yang sedikit sempit cukup menguji andrenalin bagi yang suka alam bebas. Fasilitas pantai ini belum tersedia. Topografinya menghadap ke Samudra Hindia dengan arah kompas Selatan, dalam bentangan laut selatan.

Hingga saat ini, belum tersedia angkutan umum yang dapat mengantarkan sampai ke pantai ini. Cara paling populer ke pantai tersebut adalah dengan membawa kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor.

Diskripsi

Pantai Karangbolong menyimpan sejumlah pesona keindahan dan keunikan alam yang mengagumkan. Pemandangan lepas samudra yang sangat mengagumkan. Pemandangan bah kapal Titanic dapat dinikmati di ujung Semenanjung laut yang sangat khas. Tebing-tebing karang dapat dilihat dari sini terkesan seperti benteng raksasa yang melingkari Pulau Jawa.

Serasa seperti Bahtera Nuh karya Yang Maha Agung, Pulau Jawa dapat dilihat dari Semenanjung  Karangbolong. Benar sekali Pulau Jawa di sebut “Pagarnya Dunia sebagai Keseimbangan Alam”. Sebagian wisatawan menyebutnya “Naturally of Titanic”. Pantai Karangbolong memang perawan alias belum banyak di jamah orang. Pantai ini berdekatan dengan tempat wisata Pantai Klayar.

Rute Wisata

Beberapa wisatawan menggunakan jasa agen perjalanan untuk mengantarkan rombongan menuju pantai Buyutan. Perlu diketahui, dari Goa Gong Pacitan ke pantai Buyutan hanyalah berjarak sejauh sekitar 13 km.

Jalur Jogjakarta

Dari Jogjakarta digunakan Jalan Nasional JLS (Jalur Lintas Selatan) melalui Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Wonogiri. Rute perjalanan mendaki bukit Pathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Punung – Kalak – Pantai  Karangbolong.
Untuk kendaraan kecil, dari perempatan Giribelah bisa belok kanan langsung Kalak – Pantai Karangbolong.

Jalur Surakarta

Dari Solo, Rute 1 menggunakan jalan Negara tembus ke JLS melalui Kabupaten Wonogiri. Daerah yang dilalui Sukoharjo – Wonogiri Kota belok kiri – Ngadirojo belok kanan – Baturetno lurus – Punung – Kalak – Pantai Karangbolong.

Rute 2, Solo – Sukoharjo – Wonogiri Kota ambil arah selatan – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Donorojo – Punung – Kalak – Pantai Karangbolong.

Untuk kendaraan kecil, dari perempatan Giribelah bisa belok kanan menunu Kalak dan langsung Pantai Karangbolong.

Jalur Ponorogo

Dari Madiun menggunakan JLS, rute melalui Ponorogo – Gemaharjo – Pacitan Kota – Punung – Pantai Buyutan.

Jalur Trenggalek

Dari Tulungagung menggunajakan JLS alternatif, rute melalui Karangan (trenggalek) – Dongko – Panggul – Sudimoro (Pacitan) – kota Pacitan – Punung – Kalak – Pantai Karangbolong.

Kuliner

Makanan khas adalah Nasi tiwul dengan sayur Kalakan, Kue Bajingan dari Ketela, air Kelapa Muda

Larangan

Satu hal yang harus diingat adalah tidak diperbolehkan untuk mepet ke pinggir Semenanjung karena kalau terjatuh tidak bisa kembali.

COMMENTS