Kunyit Putih, Bagian 3

kunir-putih1golekpawarto.com,PONOROGO-Pada pembahasan sebelumnya yakni kunyit bagian 1 dan bagian 2 sengaja kami khususkan pembahasannya mengenai jenis kunyit yang berwarna kuning atau kunir kuning, adapun dalam bagian 3 ini kami akan menjelaskan secara singkat tentang kunyit yang berwarna putih. Secara umum manfaat antara kunyit kuning dan kunyit warna putih tidaklah terlalu jauh perbedaanya, hanya saja yang sudah populer di tengah-tengah masyarakat kunyit yang berwarna kuning lebih dikenal karena hampir tiap hari para ibu-ibu memanfaatkan jenis tanaman ini sebagai pelengkap bumbu masakan.

Tanaman jenis obat ini yang dalam istilah latin dengan Curcuma zedoaria  dikenal oleh masyarakat luas bukan saja sebagai pelengkap bumbu dapur, akan tetapi juga dikenal sebagai penyembuh kanker dan tumor yang sangat efektif.

Selain bermanfaat untuk penyembuhan dan pencegahan kanker, Kunyit Putih  juga efektif untuk mengatasi berbagai masalah kewanitaan seperti keputihan dan nyeri haid. Masarakat Jawa, memanfaatkan Kunyit Putih biasanya untuk penurun demam dan peluruh keringat, sedangkan masyarakat Dayak memanfaatkan kunyit putih ini untuk mengobati batuk darah dan keracunan makanan. Kunyit putih dikenal pula oleh para wanita yang sedang menjalani masa nifas sebagai pembersih. Ada pula masyarakat yang memanfaatkan tanaman obat alami ini dikunyah sebagai pengurang bau mulut. Merebus kunyit untuk mengobati sakit gigi, pencernaan dan masuk angin.

kunir-putih2Namun demikian, tanaman obat ini sebaiknya tidak digunakan pada masa kehamilan karena dapat mengakibatkan keguguran. Efek samping penggunaan pada bulan pertama meliputi sering buang air, pening dan timbulnya rasa lemas.

Untuk mengurangi pening dan rasa lemas, pengguna Kunyit Putih disarankan mengonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin secara teratur serta memperbanyak minum air putih.

Kunyit Putih yang dimanfaatkan sebagai pengobatan, sebaiknya dikombinasikan penggunaannya dengan tanaman obat lain untuk mendapatkan nilai sinergis dalam pengobatan baik untuk pengobatan penyakit kanker maupun tumor.

Baca Juga :  Kasiat Jahe Emprit

Kasiat kunyit putih secara umum dapat dijadikan sebagai alternatif obat yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker maupun tumor. Berikut ini adalah beberapa khasiat dari kunyit putih:

1. Mengurangi gejala sakit lambung atau sakit maag serta untuk penyembuhannya, dengan mengkonsumsi kunir putih secara rutin bisa mengurangi resiko penyakit tersebut serta dapat menyembuhkannya.

2. Menambah nafsu makan, selain tanaman temulawak, kunyit putih ternyata juga mampu membantu menambah nafsu makan anda.

3. Kunyit putih juga bisa membantu menghambat dan menekan pertumbuhan sel kanker. Karena kunyit putih memiliki kandungan alami yang berkhasiat untuk membantu proses penyembuhan penyakit kanker.

4. Mengkonsumsi secara rutin kunyit putih bisa untuk mengobati penderita diare.

Pada bagian selanjutnya kami akan menjelaskan cara menanam kunyit baik kunyit kuning atau putih serta wilayah yang mendukung pertumbuhannya agar kunyit tersebut memiliki kandungan yang baik.

Semoga bermanfaat !!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.