Manfaat Jahe Gajah Dalam Kehidupan Sehari-hari

pemanfaatan-jahe-gajah-untuk-minumangolekpawarto.com, TRENGGALEK РJahe gajah merupakan jenis jahe yang paling besar diantara keluarga jahe, ( jahe emprit dan jahe merah).  Jahe jumbo ini ada kesamaan kandungan senyawa kompleks di dalamnya, Tanaman jahe sangat berguna dan baik untuk tubuh manusia, baik itu dalam hal kesehatan maupun kecantikan.

Cara pengolahan, penggunaan dan pengemasannya kini semakin beragam dan banyak modifikasi oleh masyarakat Indonesia dan mancanegara Jadi tak heran jahe gajah semakin diminati dan laris hingga pasaran dunia.

Manfaat dan khasiat jahe gajah untuk Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, jahe gajah sering digunakan sebagai obat herbal. Sejumlah penyakit dan masalah kesehatan bisa disembuhkan dengan ramuan yang di racik dari bahan dasar jahe gajah, Penyakit tersebut antara lain masuk angin, migran, mabuk kendaraan, terkena cacing gelang, batuk, kolesterol, keropos tulang, asma, juga bisa mencegah obesitas, menguatkan jantung, pencegah kanker, sebagai antioksidan dan melancarkan aliran darah, Sebagai obat, umumnya jahe disajikan dan diracik sebagai minuman, tablet/kafsul herbal.

Manfaat dan khasiat jahe gajah dalam Kecantikan

Dalam dunia kecantikan jahe gajah bisa digunakan untuk menyembuhkan, bercak putih di kulit (vitiligo), rematik, infeksi jamur, masker wajah untuk kulit berminyak, melembabkan kulit dan membersihkan sel-sel kulit mati. Penggunaannya biasanya dengan ditumbuk atau diparut kemudian dibalurkan ke tubuh yang diinginkan.

Manfaat dan khasiat jahe gajah untuk resep makanan

Jahe gajah merupakan tanaman multiguna yang biasa digunakan untuk bahan pelengkap makanan/bumbu atau bahan dasar membuat aneka perasa makanan baik kue kering, basah, maupun jenis pia. Di Negara kita, jahe gajah sudah biasa diapakai sebagai bumbu dapur, Diantaranya seperti opor ayam, oseng sayur, sambal goreng dan masih banyak lagi. Selain itu, jahe juga sudah banyak diolah dalam produk-produk seperti asinan jahe, jahe kering, minyak jahe, bubuk jahe hingga biskuit jahe.

Baca Juga :  Potensi Jahe Gajah di Wilayah Trenggalek, Ponorogo, Pacitan

Produk olahan jahe tersebut kini semakin banyak variasinya dan mudah ditemukan di pasaran. Untuk produk tertentu biasanya menjadi unggulan di sejumlah daerah atau Negara yang dijadikan oleh-oleh khas. Seperti bolu jahe yang diproduksi masyarakat Ponorogo, roti jahe kering asli Trenggalek asinan jahe yang disukai masyarakat Jepang dan cookies jahe yang digemari masyarakat Eropa.

Manfaat dan khasiat jahe gajah untuk minuman

Jahe gajah biasa diolah masyarakat Indonesia sebagai minuman penghangat di musim dingin, di amerika biasa digunakan penghangat sebagai ganti dari minuman-beralkohol, dan di jawa jahe  dipakai untuk bahan dasar jamu, minuman herbal dan Kandungan senyawa di dalam jahe juga sangat baik digunakan untuk membuat minuman seperti bir, anggur dan cocktail.

Menurut para ahli minyak dalam jahe mengandung senyawa kurkumen, linalool, pinen, felandren, bormeol, kamfen, sitral, famesen, sineol, seskuiterpen, metilheptenon, aldehid dan alcohol. Semuanya itu bisa dimanfaatkan untuk beragam jenis minuman dan makanan.

Alasan terbesar dan utama kenapa jahe gajah paling banyak digunakan dan cocok untuk bahan makanan dan minuman karena citarasanya yang tidak pedas dan juga aroma yang lembut atau tidak tajam seperti jahe lain.

Apalagi untuk masyarakat mancanegara yang notabene tidak terlalu suka rasa yang menyengat dan berlebihan. Jadi, sekarang tinggal pilih ingin mengkonsumsi dengan cara apa dan untuk apa agar bisa merasakan Manfaat dan khasiat jahe gajah dalam kehidupan sehari-hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.