Soge Sidomulyo

Soge Sidomulyo

soge-beach-panoramic

golekpawarto.com, PACITAN – Jarak Pantai Soge dari kota Pacitan 50 km, Soge dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi sepeda motor kurang lebih 1 jam. Jika menggunakan mobil pribadi minibus sekelas MPV memakan waktu 1,5 jam. Untuk Bis bisa masuk ke lokasi karena terdukung lokasi yang dilalui Jalan Lintas Selatan. Jalan tergolong kelas A, maka sebaiknya pengendara berhati-hati selain jalan berliku dan kebanyakan tikungan tajam pinggiran jurang, jalan juga ramai dan kecepatan tinggi. Perjalanan melewati pinggiran hutan pantai yang hijau dan rindang, jauh dari pemukiman penduduk. Perjalanan menuju pantai Soge sedikit sulit karena tidak dilewati oleh angkutan umum.

Pantai Soge secara administratif masuk wilayah Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Pantai yang memiliki bentangan yang panjang dengan ombak besar, kadang digunakan untuk selancar (surfing) bagi Pro Surfer mancanegara.  Pantai yang sisi timurnya terdapat sumber air tawar merupakan pantai yang jarang dikunjungi dan terbilang masih baru. Oleh karena itu, pemandangannya masih benar-benar alami dengan keelokan panorama pantai yang menakjubkan. Pasir putih nan lembut pun begitu menggoda sebagai daya tarik lain untuk berekspresi para pehobi fotografi untuk menemukan tempat terbaik dan menawan.

Rute perjalanan menuju Pantai Soge berjalan dengan santai dan tetap berhati-hati dalam mengemudi. Hingga saat ini, belum tersedia angkutan umum sampai ke lokasi. Cara paling populer ke pantai tersebut adalah dengan mengendarai mobil atau sepeda motor. Biasanya wisatawan menggunakan jasa agen perjalanan untuk menuju pantai ini. Jalur Jogjakarta, dari Jogjakarta menggunakan Jalan Nasional JLS (Jalur Lintas Selatan) dengan melalui Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Wonogiri. Rute melalui bukit Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Donorojo – Punung – Kota – Kebonagung – Pantai Soge. Jalur Surakarta, dari Solo, Menggunakan jalan Negara tembus ke JLS melalui Kabupaten Wonogiri. Daerah yang dilalui Sukoharjo – Wonogiri Kota belok kiri – Ngadirojo belok kanan – Baturetno lurus – Punung – Kota – Kebonagung – Pantai Soge. Jalur Ponorogo, dari Madiun menggunakan JLS, rute melalui Ponorogo – Gemaharjo – Kota – Kebonagung – Pantai Soge. Jalur Trenggalek :Dari Tulungagung menggunajakan JLS alternatif, rute melalui Karangan (trenggalek) – Dongko – Panggul – Sudimoro – Pantai Soge. Kuliner, makanan dan jajanan yang populer adalah Nasi Tiwul, Ikan Segar Bakar dan Kelapa Muda.

Larangan, satu hal yang patut diingat adalah waspada untuk berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar.

COMMENTS