Teleng Ria Elok

Teleng Ria Elok

Telengria Beach Panoramic

golekpawarto.com, PACITAN – Jarak Pantai Telengria dari kota Pacitan 3,5 km, Pantai Telengria dapat ditempuh menggunakan semua jenis kendaraan kurang lebih 10 menit. Mobil pribadi minibus sekelas MPV sampai dengan mobil besar Bis bisa masuk ke lokasi. Jalan mauk kelas A sangat nyaman untuk menuju likasi. Sebaiknya pengendara tetap berhati-hati karena jalan padat. Lokasi perkotaan sangat mudah dengan adanya angkutan meskipun relatif jarang.

Telengria secara administratif Telengria adalah Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan. Pantai Telengria memiliki pantai biasa digunakan untuk selancar (surfing) pemula, bagian ini bisa digunakan untuk bermain-main air dan pasir. Fasilitas pantai terdapat Hotel, Gazebo, Renang Laut, Surfing dengan Topografi menghadap ke Samudra Hindia, arah kompas Selatan, dalam cekungan Teluk Pacitan

Diskripsi : Pantai Teleng Ria adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Pacitan. Teleng Ria mempunyai hamparan pasir putih melingkar sepanjang kurang lebih 3 Km. Sarana wisata yang ada antara lain Gardu Pandang, kolam renang dan arena bermain Anak-anak, Penginapan Serba Guna Bonggo Budoyo dan Area Perkemahan, arena Pemancingan, dan makanan khas Pacitan. Telengria selain pantai wisata juga merupakan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) sehingga pengunjung dapat membeli ikan segar. Suguhan lanskap pantai yang indah jika dipandang dari perbukitan. Ombak di pantai cocok bagi mereka yang ingin berenang atau hanya untuk bermain-main di kala liburan keluarga. Pemandangan yang melatarbelakangi pantai sangat indah, karena dikelilingi oleh rangkaian gunung Limo. Pantai Teleng juga menjadi salah satu tempat bagi para peselancar pemula untuk belajar mengarungi ombak Samudera Hindia.

Rute Perjalanan : Akses menuju pantai Teleng sangat mudah. Jalan aspal lebar langsung menuju lokasi. Jalan nyaman dan tetap berhati-hati dalam mengemudi. Hingga saat ini, belum tersedia angkutan umum sampai ke lokasi. Cara paling populer ke pantai tersebut adalah dengan mengendarai mobil atau sepeda motor. Biasanya wisatawan menggunakan jasa agen perjalanan untuk menuju pantai ini.

  1. Jalur Jogjakarta : Dari Jogjakarta menggunakan Jalan Nasional JLS (Jalur Lintas Selatan) dengan melalui Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Wonogiri. Rute melalui bukit Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Donorojo – Punung – Kota – Pantai Telengria.
  2. Jalur Surakarta :Dari Solo, Menggunakan jalan Negara tembus ke JLS melalui Kabupaten Wonogiri. Daerah yang dilalui Sukoharjo – Wonogiri Kota belok kiri – Ngadirojo belok kanan – Baturetno lurus – Punung – Kota – Pantai Telengria.
  3. Jalur Ponorogo :Dari Madiun menggunakan JLS, rute melalui Ponorogo – Gemaharjo – Kota – Pantai Telengria.
  4. Jalur Trenggalek :Dari Tulungagung menggunajakan JLS alternatif, rute melalui Karangan (trenggalek) – Dongko – Panggul – Sudimoro (Pacitan) – Kota – Pantai Telengria.

Kuliner : Makanan dan Jajanan :
1. Nasi Gandos Ikan Segar Goreng
2. Kue Dodol Pacitan
3. Kelapa Muda

Rekomendasi : naik tebing sebelah kanan ada warung mbok wati, selain tenang viewnya sangat bagus sambil selfi
Larangan : Satu hal yang patut diingat adalah tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar serta banyaknya tebing.

Koordinat GPS: -8.223808,110.947473

COMMENTS