Pesona Pantai Pacitan Nan Menakjubkan

golekpawarto.com, PACITAN – Pacitan yang memiliki geografis serupa dengan topografi Gunung Kidul Yogyakarta, yakni berada di garis pantai selatan Jawa,juga memiliki sejumlah pantai yang mempesona. Berikut pantai-pantai di Pacitan yang direkomendasikan untuk dikunjungi :

Srau Tebing Utara Menmancing1. Pantai perawan, Pantai Srau punya tiga alasan yang membuatnya indah

Pantai Srau – Tersembunyi dan masih alami, Pantai Srau bisa dibilang adalah salah satu pantai yang paling indah di Pulau Jawa. Letaknya di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, sekitar 25 km dari Pacitan. Saat berkunjung kemari, anda tidak hanya disuguhi satu pantai, melainkan tiga pantai yang punya kekhasannya sendiri.

Di pantai pertama, pasir putih sehalus bedak berpadu dengan buih putih dari ombak besar khas pantai selatan. Pantai kedua, pasirnya lebih kasar dan dikelilingi jejeran batu karang sehingga anda bisa bermain air dengan lebih aman. Pantai yang ketiga sedikit berbeda dengan dua pantai lainnya, yakni tanpa hamparan pasir, pantai ini berupa jejeran batu karang yang bisa anda gunakan untuk duduk sembari menikmati pemandangan. Nah…. Seru, kan?

Klayar dari Tempat Parkir Atas2. Saksikan Bagaimana Alam Memainkan Musiknya Sendiri dengan “Seruling” di Pantai Klayar

Pantai Klayar – Penasaran seperti apa seruling laut di Pantai Klayar? Datang aja langsung ke sini. Pantai ini terletak di Kecamatan Donorojo, sekitar 45 km dari pusat kota Pacitan. Di sinilah anda bisa menemukan seruling laut, keunikan Pantai Klayar yang gak bakal anda temui di pantai-pantai lainnya.

Seruling laut ini berupa batu karang besar yang memiliki celah. Setiap kali ombak besar datang, celah karang itu memancarkan air ke atas dan menimbulkan bunyi siulan. Selain itu, ada karang raksasa yang berbentuk mirip Sphinx lho! Oh iya, di sini anda sama sekali tidak diperbolehkan nyebur ke laut, karena ombaknya yang sangat buas.

Baca Juga :  Telaga Ngebel, Bagian 1

Selancar Pro di Watukarung Ombak Tersulit di Dunia3. Ingin berselancar menaklukkan ombak kelas dunia? Di Pantai Watu Karung pun anda akan bisa melakukannya

Pantai Watu Karung Kalau Banyuwangi punya Pantai Plengkung alias G-Land yang menjadi Hawaii-nya Indonesia, Pacitan juga punya pantai yang gak kalah keren lho. Terletak di daerah Pringkukung, pantai ini memang agak tersembunyi dan sulit dijangkau. Namun jangan khawatir, segala jerih payahmu untuk mencapainya akan terbayar dengan pemandangan pulau karang, air laut yang kehijauan, serta pantai yang bersih dengan pasir putih yang lembut.

Sambil menikmati pemandangan bak surga, anda bisa menyantap ikan segar hasil tangkapan nelayan disekitar pantai ini. Yang lebih penting, pantai ini punya ombak kelas dunia yang sangat menantang bagi penggemar selancar. Para surfer bisa dengan leluasa membelai ombak bertipe barrel dan reef break yang memicu adrenalin.

Pantai Banyutibo Pertemuan Antara Air Tawar dan Asin4. Di Pantai Banyu Tibo anda bisa menjadi saksi fenomena alam yang lain : Bertemunya air laut dan air tawar

Pantai Banyu Tibo – Banyu tibo mempunyai makna ‘air jatuh’.  Ya, pantai berpasir putih ini dinamai demikian karena keberadaan air terjun mungil yang terletak tepat di bibir pantai. makanya, meski di pantai, anda tetap bisa menikmati segarnya air tawar yang tumpah dari air terjun. Silahkan…,! Puaskan liburan anda dengan  bermain di pantai ini sebelum pulang ke rumah, basuh rasa lengket di tubuhmu dengan air terjun itu. Namun apabila anda tidak ingin berenang atau basah-basahan, anda cukup duduk di atas batu-batu karang di sekitar pantai sembari menikmati pemandangan yang indah nan menawan.

Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, masih segaris dengan Pantai Klayar. Sebaiknya, jika ingin menikmati pantai ini dengan nyaman, maka datanglah saat surut yakni pada pagi atau sore hari. Karena jika air laut pasang tiba, tempat ini tak akan bisa dinikmati karena pantainya tergolong sempit.

Baca Juga :  Jembatan Galau dan Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

Silahkan berkunjung ke pantai diatas sebagaimana yang kami rekomendasikan dan sebagai tambahan informasi seluruh pantai di atas berada di wilayah barat kota Pacitan. Selamat berkunjung !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.