Sruni Denombo Merona

Sruni Denombo Merona

pantai-sruni-denombo-panoramic

golekpawarto.com, PACITAN – Pantai Sruni Denombo, berada di Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan berjarak 28 km dari Kota Pacitan yang bisa ditempuh dari Srau atau Watukarung. Pantai yang mempunyai legenda sepasang manusia berkaitan dengan wilayah pantai tersebut karenanya kedua pantai tersebut masih natural, pasir putih yang tidak terlalu luas, terdapat batuan yang unik berbentuk mirip kepala wayang Semar yang sekaligus jadi batas alam dengan pantai Srau dan Watukarung.

Diskripsi

Pantai Sruni termasuk destinasi wisata yang baru. Keberadaannya belum banyak diketahui wisatawan. Sruni mempunyai hamparan pasir putih yang cukup tersembunyi. Suguhan lanskap pantai yang indah menawan ibarat gadis belia perawan. Ombak di pantai ini cocok bagi mereka hobi yoga. Kesunyiannya cukup membuat meditasi mudah mencapai fokus.

Pemandangan yang melatarbelakangi pantai sangat indah, karena dikelilingi lahan pertanian yang sesekali ada petani yang sedang berladang. Obyek ini menjadi salah satu tempat bagi para pemancing untuk menghibur diri menghabiskan waktu liburnya.

Rute Perjalanan

Akses menuju Pantai Sruni melalui jalan desa yang cukup asri. Jalan pradenan lumayan lebar cukup mengantarkan wisatawan menggunakan mobil Hard Top sampai bawah bukit kebun kelapa. untuk mencapai lokasi perlu jalan kaki kurang lebih 300 meter. Hingga saat ini, belum tersedia angkutan umum sampai ke lokasi. Cara paling populer ke pantai adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Biasanya wisatawan menggunakan jasa agen perjalanan untuk menuju pantai ini.

Jalur Jogjakarta

Dari Jogjakarta menggunakan Jalan Nasional JLS (Jalur Lintas Selatan) dengan melalui Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Wonogiri. Rute melalui bukit Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Donorojo – Punung – Dadapan – Watukarung – Lokasi.

Jalur Surakarta

Dari Solo, Menggunakan jalan Negara tembus ke JLS melalui Kabupaten Wonogiri. Daerah yang dilalui Sukoharjo – Wonogiri Kota belok kiri – Ngadirojo belok kanan – Baturetno lurus – Punung – Dadapan – Watukarung – Lokasi.

Jalur Ponorogo

Dari Madiun menggunakan JLS, rute melalui Ponorogo – Gemaharjo – Dadapan – Watukarung – Lokasi.

Jalur Trenggalek

Dari Tulungagung menggunajakan JLS alternatif, rute melalui Karangan (trenggalek) – Dongko – Panggul – Sudimoro (Pacitan) – Dadapan – Watukarung – Lokasi.

Kuliner

Makanan dan Jajanan :
1. Nasi Gandos Ikan Segar Goreng
2. Kue Dodol Pacitan
3. Kelapa Muda

Larangan

Satu hal yang patut diingat adalah tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar, karang serta banyaknya tebing.

COMMENTS