Tahapan Menanam Kunyit

kunyit-berbungaGolekpawarto.com,PONOROGO-Postingan kali ini, kita akan membahas secara khusus mengenai tahapan menanam Kunyit agar berkualitas yang baik serta memiliki kandungan sebagai tanaman obat yang manjur, Mengapa tahapan penanaman Kunyit  ini penting ….? Pada postingan sebelumnya, kami telah menjanjikan untuk memposting tehnik serta budi daya kunyit yang benar dan telah terbukti memiliki kualitas yang baik .

Cara budidaya kunyit sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan namun untuk menghasilkan hasil panenan yang melimpah serta berkualitas tinggi tentunya memerlukan tehnik penanganan dan perawatan serta sesuai dengan tahapan yang benar. Tehnik penanganan dan perawatan tahapan penanaman Kunyit ini berlaku secara umum, baik untuk jenis Kunyit kuning, kunyit hitam maupun kunyit putih.

Kunyit yang memiliki kualitas yang baik apabila ditanam minimal berada pada ketinggian 240-2000 M dpl, bercurah hujan antara 2.000–4.000 mm/tahun, dan suhu udara sekitar 19 – 30º C. Tanaman kunyit dapat dibudidayakan sepanjang tahun, namun yang paling baik pertumbuhannya adalah ditanam pada awal musim hujan. Berikut tahapan yang harus dilakukan untuk menanam kunyit ;

 

Penyiapan Lahan

Pada tahap ini yang harus dilakukan adalah menyiapkan lahan yang akan ditanami agar unsur hara tanah terpenuhi sehingga kunyit bisa tumbuh dengan subur. Tanah harus di cangkul terlebih dahulu dan dibiarkan minimal 2 minggu sebelum penanaman. Sebaiknya proses pencangkulan dilakukan pada saat awal turun hujan agar memudahkan percepatan unsur hara tanah tercapai.

Pemilihan Bibit

Setelah lahan disiapkan tahap berikutnya adalah memilih bibit kunyit yang berkualitas, yaitu dengan mengambil rimpang kunyit yang paling tua (Enthik ; Bhs Jawa) , bisa dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan, namun yang perlu diperhatikan adalah calon tunas harus di jaga jangan sampai rusak/mati.

Baca Juga :  Kunyit Putih, Bagian 3

Penanaman

Pada tahap ini yang harus diperhatikan adalah jarak antara calon batang kunir nantinya tidak terlalu rapat agar pertumbuhan batang kunir bisa lebih cepat. Dengan mengatur jarak yang tepat rimpang kunyit akan cepat berkembang dan hasilnya akan lebih baik.

Pemupukan

Tanaman jenis umbi-umbian ini tidak banyak membutuhkan banyak pupuk, apalagi pupuk pabrikan kimia dan justru cukup dengan pupuk kandang atau organik saja. Namun yang perlu diperhatikan adalah kapan pupuk kandang atau organik dilakukan….? Pada tahap penyiapan lahan pupuk organik disebar secara merata sehingga pada saat dicangkul pupuk akan bercampur dengan tanah, setelah kurang lebih 2 minggu pupuk organik yang telah tercampur dengan lahan akan mempercepat pertumbuhan tunas kunyit. Selanjutnya pemupukan dilakukan setelah kunyit tumbuh atau pada tahap penyiangan agar umbi kunyit berkembang biak dengan cepat.

Penyiangan

Dalam tahap perawatan kunyit yang sudah mulai tumbuh berkembang, penyiangan diperlukan supaya umbi kunyit dapat berkembang dengan baik dan hasil yang maksimal. Penyiangan merupakan suatu kegiatan mencabut gulma yang berada di antara sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah. Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi.

Panen

induk-kunirNah…! Pemanenan sudah bisa dilakukan apabila umur tumbuhan kunyit ini pada usia sekitar 7-8 bulan dengan catatan pada lahan yang subur serta didukung oleh curah hujan yang bagus akan tetapi kalau dilahan kering usia kunyit bisa dipanen lebih panjang yaitu kisaran 11-12 bulan.

Demikian postingan singkat tentang tahapan penanaman kunyit semoga bermanfaat …!

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.