Waspada Gelombang Tinggi dan Daftar Wilayah yang Terancam Kena Banjir Rob

golekpawarto.com, PACITAN – Sejumlah wilayah di Pulau Jawa mengalami banjir rob karena dihantam gelombang pasang. Hal ini sesuai prediksi Badan Metereologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Berdasarkan data sementara yang dihimpun oleh Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terdapat 24 kabupaten atau kota yang mengalami banjir rob dan gelombang pasang.

ba-tri-ccd77a82fd1247eefb0788c81705ac64Dilansir BBC.com daerah yang mengalami serangan tersebut antara lain adalah Kabupaten Kulon Progo, Gunung Kidul, Bantul, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Pekalongan, Purworejo, Wonogiri, Semarang, Pacitan, Banyuwangi, Jember, Trenggalek, Malang, Tulungagung, Lumajang, Gresik, Tuban, Surabaya, Pemekasan, Probolinggo dan Jakarta.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan bahwa daerah pesisir di selatan Jawa mengalami dampak yang lebih parah akibat gelombang pasang dan banjir rob tersebut. Dia menambahkan bahwa ratusan bangunan meliputi rumah, gazebo, warung, talud pantai dan bangunan di pantai mengalami kerusakan. Bahkan di daerah Lumajang terdapat 300 jiwa anak-anak dan perempuan yang terpaksa harus mengungsi.

Kabupaten Pekalongan juga demikian, sebanyak 891 jiwa mengungsi di 11 titik pengungsian. Terhitung sekitar 5.937 unit rumah terendam banjir rob di Kecamatan Tirto, Wiradesa, Wonokerto dan Siwalan.

 

ba-li-169f040b504c4871c90650997022749cSementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan bahwa daerah pesisir di selatan Jawa mengalami dampak yang lebih parah akibat gelombang pasang dan banjir rob tersebut. Dia menambahkan bahwa ratusan bangunan meliputi rumah, gazebo, warung, talud pantai dan bangunan di pantai mengalami kerusakan. Bahkan di daerah Lumajang terdapat 300 jiwa anak-anak dan perempuan yang terpaksa harus mengungsi.


Pesisir selatan Yogyakarta alami kerusakan paling parah.

 

Menurut Sutopo, daerah yang palilng parah mengalami kerusakan adalah pesisir selatan Yogyakarta. Sebanyak 15 kawasan wisata pantai di Yogyakarta rusak akibat dihantam gelombang setinggi 5-7 meter yaitu Pantai Trisik, Bugel, Glagah, Congot, Drini, Sadranan, Ngandong, Sundak, Somendang, Pulang Sawah, Pok Tunggal, Gesing, Sepanjang, Watu Kodok dan Watu Baru di Kabupaten Gunung Kidul, Kulon Progo dan Bantul.

Baca Juga :  Gubernur Soekarwo Keberatan Trenggalek Bangun Bandara

Sumber : http://www.idntimes.com/rizal/wilayah-yang-terancam-serangan-banjir-rob-hujan-deras-petir-dan-puting-beliung

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.