Banyutibo Jernih Mengalir

Banyutibo Jernih Mengalir

 

golekpawarto.com, PACITAN – Pantai Banyutibo, berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo yang berjarak 45 km dari pusat kota Pacitan. Banyutibo berasal dari istilah air jatuh, di pantai ini terdapat air terjun yang langsung jatuh ke tepi pantai dengan air yang sangat bersih dan jernih. Fenomena ala mini menjadi keunikan dari pantai ini, sehingga lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan untuk melihat keindahannya. Di pantai ini wisatawan bisa bermain air dengan dipandu oleh pemandu wisata yang ada.

Pantai yang dapat ditempuh menggunakan sepeda motor kurang lebih 2 jam, jika menggunakan mobil MPV memakan waktu 2 jam. Jalan desa menuju lokasi cukup memacu andrenalin. Perjalanan yang beda namun memberikan tantangan tersediri. Dengan tetap berhati-hati karena jalan berliku dan tikungan tajam pinggiran jurang anda dapat menikmati pemandangan indah. Pemandangan pinggiran hutan yang hijau dan rindang sesekali terdapat rumah penduduk yang muncul di persawahan.

Perjalanan menuju Banyutibo tersebut lumayan mudah meskipun jalan sedikit sempit. Fasilitas pantainya sudah tersedia Gazebo, kamar mandi dan musola meskipun masih dikelola warga sekitar. Topografi pantai tersebut menghadap ke Samudra Hindia dengan arah kompas Selatan, dalam bentangan laut selatan.

Banyutibo berasal dari istilah air jatuh, di pantai ini terdapat air terjun yang langsung jatuh ke tepi pantai dengan air yang sangat bersih dan jernih. Fenomena alam ini menjadi keunikan dari pantai ini, sehingga lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan untuk melihat keindahannya. Di pantai ini wisatawan bisa bermain air dengan dipandu oleh pemandu wisata yang ada.

Diskripsi

Pantai Banyutibo menyimpan sejumlah pesona keindahan dan keunikan alamnya yang mengagumkan. Ada cekungan teluk kecil pasir putih dengan air terjun, hamparan rumput tebing laut, sungai mengalir sepanjang musim, bebatuan dan tebing karang. Ia merupakan pantai yang dikenal masyarakat sebagai destinasi wisata pantai dengan air terjun yang langsung ke laut.

Di sisi timur dan baratnya terdapat tebing karang sebagai tempat untuk memancing para nelayan desa. Pada bagian belakang pantai ini, terdapat sungai air tawar yang airnya jernih mengalir sebagai instrumen alam yang memanjakan mata. Hal yang menarik lain pantai dengan ombak laut selatan ini adalah pasir putihnya dapat digunakan untuk bermain meskipun sangat berbahaya (tidak direkomendasikan tanpa pemandu).

Rute Perjalanan

Akses menuju pantai Banyutibo terbilang cukup menantang. Sebagian jalan sudah rabatan (cor beton) dan aspal curah, jalan berkelok dan naik turun. Tetap berhati-hati dalam mengemudi kendaraan. Hingga saat ini, belum tersedia angkutan umum. Cara paling populer ke pantai tersebut adalah dengan membawa kendaraan pribadi. Biasanya wisatawan menggunakan jasa agen perjalanan untuk menuju pantai ini. Perlu diketahui, dari Goa Gong ke pantai Banyutibo berjarak sekitar 15 km.

Jalur Jogjakarta

Dari Jogjakarta menggunakan Jalan Nasional JLS (Jalur Lintas Selatan) dengan melalui Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Wonogiri. Rute melalui bukit Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Donorojo – Punung – Pantai Banyutibo. Untuk kendaraan kecil, dari perempatan Giribelah bisa belok kanan langsung lokasi.

Jalur Surakarta

Dari Solo, Rute 1 menggunakan jalan Negara tembus ke JLS melalui Kabupaten Wonogiri. Daerah yang dilalui Sukoharjo – Wonogiri Kota belok kiri – Ngadirojo belok kanan – Baturetno lurus – Bliruk Punung JLS – Banyutibo. Rute 2, Solo – Sukoharjo – Wonogiri Kota ambil arah selatan – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Donorojo – Punung – Banyutibo.

Jalur Ponorogo

Dari Madiun menggunakan JLS, rute melalui Ponorogo – Gemaharjo – Pacitan Kota – Punung – lokasi Pantai.

Jalur Trenggalek

Dari Tulungagung menggunajakan JLS alternatif, rute melalui Karangan (trenggalek) – Dongko – Panggul – Sudimoro (Pacitan) – kota Pacitan – Punung – Lokasi Pantai.

Kuliner

Makanan khas :
1. Nasi tiwul dengan sayur Kalakan
2. Kue Bajingan dari Ketela
3. Kelapa Muda

Larangan

Satu hal yang patut diingat adalah tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar serta banyaknya tebing.

Alamat

Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur

COMMENTS