Klayar Beach Panoramic

golekpawarto.com, PACITAN – Jarak Pantai Klayar dari kota Pacitan 35 km, Pantai yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi sepeda motor kurang lebih 1,5 jam. Jika menggunakan mobil pribadi minibus sekelas MPV memakan waktu 2 jam. Untuk mobil paling besar yang bisa masuk ke lokasi adalah minibus sekelas travel long vehicel. Mengingat jalan yang mauk tergolong kelas B, maka sebaiknya pengendara berhati-hati karena jalan berliku dan kebanyakan tikungan tajam pinggiran jurang. Perjalanan melewati pinggiran hutan yang hijau dan rindang, jauh dari pemukiman penduduk. Perjalanan menuju pantai Klayar tersebut lumayan mudah meskipun jalan sedikit sempit tetapi sudah ada jasa angkutan umum. Fasilitas pantainya sudah tersedia Penginapan, Home Stay, Gazebo, Gocar Trail, kamar mandi dan musola. Topografi pantai Klayar menghadap ke Samudra Hindia dengan arah kompas Selatan, dalam bentangan laut selatan.

Diskripsi : Pantai Klayar menyimpan sejumlah pesona keindahan dan keunikan alam yang mengagumkan. Ada hamparan pasir putih, jajaran pohon kelapa, karang raksasa Sphinx, air mancur alami setinggi 10 meter, bebatuan karang dan suguhan seruling samudera. Ia merupakan salah satu pantai yang popular dan dikenal masyarakat sebagai destinasi wisata yang menarik. Di hari-hari biasa dijumpai nelayan lokal yang beraktivitas,  tetapi di waktu libur dikunjungi wisatawan domestic dan mancanegara. Di sisi timurnya terdapat gunung karang setinggi pohon kelapa. Karang inilah yang menjadi icon pantai tersebut. Pada bagian belakang karang tersebut, terdapat karang lain yang menahan terjangan ombak laut selatan. Satu hal yang menarik, diantara karang-karang tersebuat ada sebuah karang raksasa mirip dengan wisata Tanah Lot di Bali.

Rute Perjalanan : Akses menuju pantai Klayar terbilang cukup menantang. Ada bagian jalan yang belum teraspal secara utuh dan bagian lainnya yang rusak. Jalan berkelok dan naik turun. Anda lebih berhati-hati dalam mengemudi kendaraan. Hingga saat ini, belum tersedia angkutan umum yang dapat mengantarkan sampai ke pantai ini. Cara paling populer ke pantai tersebut adalah dengan membawa kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor. Beberapa wisatawan juga menggunakan jasa agen perjalanan untuk mengantarkan rombongan menuju pantai Klayar ini. Perlu diketahui, dari Goa Gong Pacitan ke pantai Klayar hanyalah berjarak sejauh sekitar 12 km.

1. Jalur Jogjakarta : Dari Jogjakarta menggunakan Jalan Nasional JLS (Jalur Lintas Selatan) dengan melalui Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Wonogiri. Rute melalui bukit Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Donorojo – Punung – Pantai Klayar.
  2. Jalur Surakarta : Dari Solo, Rute 1 menggunakan jalan Negara tembus ke JLS melalui Kabupaten Wonogiri. Daerah yang dilalui Sukoharjo – Wonogiri Kota belok kiri – Ngadirojo belok kanan – Baturetno lurus – Bliruk Punung JLS – Pantai Klayar. Rute 2, Solo – Sukoharjo – Wonogiri Kota ambil arah selatan – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Donorojo – Punung – Pantai Klayar. Untuk kendaraan kecil, dari perempatan Giribelah bisa belok kanan langsung Kalak – Pantai Klayar.
  3. Jalur Ponorogo : Dari Madiun menggunakan JLS, rute melalui Ponorogo – Gemaharjo – Pacitan Kota – Punung – Pantai Klayar.
  4. Jalur Trenggalek : Dari Tulungagung menggunajakan JLS alternatif, rute melalui Karangan (trenggalek) – Dongko – Panggul – Sudimoro (Pacitan) – kota Pacitan – Punung – Pantai Klayar.

Kuliner : Makanan khas :
1. Nasi tiwul dengan sayur Kalakan
2. Kue Bajingan dari Ketela
3. Kelapa Muda

Rekomendasi : naik tebing sebelah kanan ada warung mbok wati, selain tenang viewnya sangat bagus sambil selfi
Larangan : Satu hal yang patut diingat adalah tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar serta banyaknya tebing.